Senin, 16 Desember 2013

HAK KAMI

Hak-hak Asasi Manusia adalah hak-hak yang diberikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Pencipta (hak-hak yang bersifat kodrati). HAM diberikan kepada manusia sejak lahir dan tak ada satu orang pun yang dapat mencabutnya. Namun, bukan berarti dengan hak-haknya itu dapat berbuat semau-maunya. Karena pada dasarnya hak seseorang juga dibatasi oleh hak orang lain, Sebab apabila seseorang melakukan sesuatu yang dapat dikategorikan melanggar hak asasi orang lain, maka ia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.
Bicara tentang kemerdekaan Hak Asasi Manusia. Sebagian besar orang juga pasti beranggapan bahwa HAM belum terealisasikan cukup baik di Indonesia, salah satu buktinya adalah kejadian ospek di salah satu Universitas Negeri yang cukup membuat kita menghela nafas. Bagaimana tidak, ospek yang sebelumnya berfungsi sebagai masa pengenalan dari jenjang sekolah ke perguruan tinggi berujung maut bagi Salah seorang Mahasiswa baru yang ngak Mungkin Ku sebut namanya, mahasiswa baru ini meninggal dunia saat mengikuti kegiatan KBD di Kawasan Pantai Goa Cina Sumbermanjing Wetan pada 12 Oktober 2013. Dari hasil visum luar, didapati 2 kelopak matanya digenangi darah, lidah menjulur dan menggigit.
Sudah seharusnya para penegak hukum mengusut tuntas misteri kematian Mahasiswa baru tersebut, karena tidak seorangpun yang ingin kejadian seperti ini terulang lagi dan lagi. Sudah semestinya kita meninggalkan ospek yang terkesan primitif, yang isinya hanya ajang bullying dari senior kepada junior. Bukankah Indonesia terkenal dengan negara yang murah senyum, Negara yang Sopan. jadikan ospek sebagai alat silaturrahmi dari senior ke junior, alat untuk mengenal lebih dekat tentang kampus.
Pada dasarnya kita dimata hukum adalah sama, tidak ada perbedaan sesuai dengan pasal      28D ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi :

“Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum.”


Para siswa pasti ingin merasa aman dan nyaman. Saya secara pribadi juga berharap Hukum di Indonesia ditegakkan se Adil-adilnya tanpa memandang harta, ras, agama,dsb. Disamping itu, diharapkan pemerintah dengan tegas menuntaskan masalah-masalah yang dirasakan oleh rakyatnya termasuk para Pelajar.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar